pangandaran sebagai salah satu tujuan wisata dan kegiatan outbound

06
Feb
2016

pangandaran sebagai salah satu tujuan wisata dan kegiatan outbound

pangandaran sebagai salah satu tujuan wisata dan kegiatan outbound

Pangandaran terkenal sebagai tujuan wisata bahari dimana pan mengndaran menjadi daerah tujuan keluarga dan perusahaan untuk berlibur. Pangandaran dan sekitarnya mempunyai cuaca panas karena terletak di daerah pantai dan penduduknya yang berasal dari berbagai daerah sekitar. Selain itu pangadaran dan sekitarnya mempunyai tempat-tempat yang mempunyai pemandangan alam dan pantai yg indah dan pempesona dari pantai pangandaran menuju arah barat ada juga tujuan wisata yang tak kalah menarik berjajar, pantai batu hiu, pantai batu karas, citumang dan Green canyon(cukang taneuh). Karena alamnya yang mendukung maka pangandaran menjadi salah satu daerah tujuan untuk perusahaan yang melakukan kegiatan outing, gathering, training, team building dan  outbound di pangandaran.

Untuk kegiatan outbound di pangandaran dan sekitarnya biasanya berupa kegiatan Team building, Gathering, Fun Games,meeting Energizer, dan dilakukan di hotel dengan pertimbangan efesiensi waktu dan biaya, tapi ada juga kegiatan tersebut yang bisa di lakukan didaerah kawasann cagar alam pangandaran atau di pantai batu karas lalu dipadukan dengan jalanjalan ke green canyon dan citumang untuk melakukan body rafting.  Green Canyon pertama kali ditemukan oleh orang “Bule” yang menyukai berpetualang, karena daerah kawasan Green canyon atau oleh masyarakat setempat disebut daerah “Cukang teneuh” sangat dipercaya sebagai daerah aliran sungai yang angker tapi dasar orang bule dia malah tertarik untuk mengeksplorasi daerah tersebut dan ternyata daerah yang sekarang terkenal dengan “Green Canyon” mempunyai keindahan dinding tebing yang menjulang tinggi persis seperti  “Green Canyon” yang ada di negara Amerika Serikat dengan air yang jernih membuat lambat laun daerah tersebut terkenal sebagai daerah tujuan wisata alam di pangandaran.

Di cukang taneuh atau Green canyon ini bisa dipakai untuk kegiatan body rafting dan yang sudah merasakannya mempunyai pengalaman yang tidak bisa dilupakan Karena perasaan yang “ngeri,indah,menakjubkan” menjadi satu.

Selain Green canyon kegiatan outbound di pangandaran  bisa pula dilakukan areal wisata alam citumang dimana disini tak kalah menariknya untuk berkegiatan body rafting. Air yang jernih dan pemandangan hutan sungai yang membuat jantung “deg deg plass, indah dan mempesona saat kita melakukan body rafting disana.

 

Kegiatan outbound di pangandaran sudah mulai ramai sekitar tahun 2012 dimana kegiatan ini mempunyai tujuan sebagai media pelatihan dan pembelajaran yang mempunyai kurikulum dan program. Awalnya outbound berasal dari kata “outward bound” nama dari organisasi pertama yang memprakasai kegiatan pelatihan dan pendidikan yang memakai  “pendidikan pengalaman” dan alam sebagai media belajarnya. Dalam penyajiannya program kegiatan ini akan memakain unsur simulasi games, High rope elemen, solo camp, kayak, rafting, paint ball, marathon,dll, agar proses belajar dan pelatihannya bisa diserap dengan efektif dan cepat karena peserta di tuntut menggunakan “fisik, hati dan fikirannya” untuk terlibat aktif dalam kegiatan outbound tersebut.

 Pada awalnya outbound di pangandaran banyak menyajikan hal-hal tersebut tapi seiring mulai ramai  eo outbound di pangandaran bermunculan, dengan menyajikan dan menawarkan produk “outbound”  yang lama kelamaan menjadi variatif dalam kegiatannya karena “tingginya permintaan pasar.

 Karena hal itu pula outbound di pangandaran pun mulai dilirik oleh para pengusaha hotel sebagai daya tarik tambahan bagi pengunjung. outbound di pangandaran banyak ditawarkan juga sebagai fasilitas penunjang bagi tamu-tamu yang datang disamping menu andalan seperti mengunjungi cagar alam, berperahu dan water sport.

outbound di pangandaran semakin lama semakin ramai karena sudah banyak orang, perusahaan, instansi mengetahui kegiatan ini dan akhirnya menjamur karena banyaknya eo outbound di pangandaran yang muncul dengan menawarkan program sejenis. Sebenarnya banyak manfaat yang terkandung dalam kegiatan outbound selain sebagai media belajar untuk meningkatkan kepribadian positif juga belajar memahami alam sekitar, belajar kepemimpinan, belajar manajemen diri Dll.

Kegiatan  outbound ini juga banyak mengandung unsur “Fun dan adventure” sehingga sangat di gemari oleh orang - orang, Tetapi itu semua banyak tidak sejalan dengan tujuan awal dari kegiatan outbound itu sendiri. Dimana banyak provider menawarkan kegiatan outbound tanpa dibarengi dengan penjelasan dan maksud sebenarnya dari kegitan outbound itu sendiri. Apa itu karena banyak pelaku kegiatan ini tidak memahami dengan benar tujuan dari “outbound” tersebut. Sehingga banyak program di tawarkan dengan memakai kata “outbound” tetapi kegiatannya hanya berupa refreshing.

Saking menjamurnya kegiatan outbound di pangandaran banyak ditawarkan oleh pelaku usaha travel, perhotelan, perjalanan wisata dll, sehingga menjadikan persaingan sengit di pemasaran kegiatan ini.

Ini semua menimbukan efek positif dan negative untuk kegiatan outbound di pangandaran, positifnya kegiatan ini bisa cepat dikenal oleh masyarakat luas dengan pemahaman yang berbeda, efek negatifnya persaingan tidak sehat muncul dimana tidak ada organisasi dan hukum yang mengatur perusahaan dan kegiatan outbound ini. Imbasnya adalah pemahaman yang dangkal tentang arti dan tujuan dari kegiatan ini dari klien, menjamurnya eo atau provider kegiatan outbound di pangandaran tanpa di barengi kemampuan, pengetahuan dari outbound itu sendiri. Dimana itu semua merupakan knowledge product dalam memasarkan kegiatan ini. Tapi bagaimanapun suatu produk jasa mau tidak mau harus mengikuti perkembangan dan selera pasar tinggal yang terpenting sebagai eo outbound yang melayani kegiatan ini bisa memberikan pemahaman dari kegiatan outbound sebenarnya. Mudah - mudahan kegiatan outbound di pangandaran bisa benar-benar bermanfaat untuk konsumen/ kliennya dan menjadi kegiatan yang bisa memberikan pengalaman baru dan pengetahuan baru tentang banyak hal untuk dijadikan sebagai pembelajaran, begitu pula dengan para penggiat outbound di pangandaran itu sendiri, bukan sekedar menjadikan kegiatan outbound itu hanya semata-mata untuk mencari keuntungan tapi menjadikan usaha ini sebagai proses pembelajaran yang berkelanjutan dalam memenuhi dan memberikan pelayanan prima bagi konsumen outbound di pangandaran

Komentar

    Belum Ada Komentar

Tambahkan Komentar