outbound murah dan hemat

02
Jun
2016

outbound murah dan hemat

outbound murah dan hemat

Kegiatan outbound murah dan hemat adalah salah satu kegiatan yang banyak dicari konsumen dan klien tentunya.Dimana kegiatan outbound dengan biaya yang murah dan hemat bisa menjadi alternatif untuk perusahaan, organisasi atau perkumpulan yang ingin melakukan kegiatan ini.
Kegiatan outbound dengan biaya yang murah dan hemat biasanya dilakukan dengan program kegiatan satu hari atau setengah hari dengan varian kegiatan yang lebih menekankan pada unsur kebersamaan, Refreshing, petualangan dan tantangan, dimana pada pelaksanaannya kegiatan ini akan menyajikan media "FUN GAMES" dengan durasi waktu sekitar 2-5 jam kegiatan.
Setelah itu biasanya klien atau peserta melanjutkan kegiatan lainnya seperti jalan-jalan untuk mengunjungi objek wisata atau kegiatan ini disimpan di penghujung acara sebagai media untuk mempererat kedekatan karyawan satu sama lain.
Dengan waktu yang tersedia cukup singkat dan rencana kegiatan yang seabreg kegiatan outbound murah dan hemat akan menjadi alternatif yang tepat dimana kegiatan ini bisa dilakukan di mana saja seperti lapangan parkir, taman dengan lapangan terbatas, atau halaman depan hotel dengan peserta dibawah 50 orang tentunya.Tapi bila pesertanya antara 60 - 250 orang itu membutuhkan tempat yang khusus tentunya. Apabila di hotel tempat menginap mempunyai lapanganyg luas kegiatan ini bisa terlaksana tapi apabila di hotel tempat menginap fasilitas lapangannya kecil atau malah tidak ada maka kegiatan ini harus bergeser atau dilakukan di tempat lain dimana kegiatan ini pada intinya akan dilakukan bersama sama oleh seluruh peserta.
Sebetulnya kegiatan yang mempunyai durasi waktu pendek seperti ini sangat efektif bila tujuannynya hanya lebih untuk refreshing, mempererat kedekatan satu sama lain tapi kalau kegiatannya untuk tujuan pelatihan seperti character building, team work, capasity building dengan waktu yang pendek tidak akan mengenai sasaran.
Banyak klien yang tidak mengetahui hal ini kadang memaksakan dengan durasi waktu pendek yang sebetulnya cocok untuk kegiatan outbound murah dan hemat dengan tema refreshing dan fun tapi mereka melakukan kegiatan dengan tema pelatihan atau banyak juga instansi pemerintah memakai tema "character building", "capasity building" atau "team building" padahal kegiatannya lebih untuk "refreshing".Dengan waktu setengah hari, itupun duburu-buru atau pesertanya yang ogah-ogahan padahal mereka melakukan kegiatan ini memakai duit negara.
Sebagai penggiat alam terbuka penulis kadang merasa miris apabila kegiatan yang tujuannya melatih, membangun mental individu ataupun kegiatan bersifat refreshing kadang banyak dimanfaatkan untuk tujuan mencari "Tambahan" bagi oknum-oknum di instansi pemerintahan. Dengan budget yang dianggarkan cukup besar untuk kegiatan "Outbound" ini tapi pesertanya ogah-ogahan untuk mengikuti kegiatan.
Biasanya kegiatan ini tidak hanya melibatkan penggiat alam terbuka sebagai ujung tombak dilapangan tapi melibatkan event organiser ataupun biro travel yang kadang tidak memahami tujuan dari kegiatan.
Jadi kesimpulannya Outbound murah dan hemat lebih baik dilakukan karena bersifat Refreshing dan Fun untuk kegiatan yang durasi waktu yang tersedianya cukup pendek karena itu akan lebih efektif untuk kegiatan tersebut.Juga bisa mengakomodir perusahaan atau klien yang mempunyai pendanaan terbatas tapi ingin melakukan kegiatan bersifat outbound ini.
Tapi pada pelaksanaanya klienpun harus hati-hati dalam memilih provider atau EO yg akan memfasilitasi kegiatan ini karena banyak provider atau EO yg tidak memahami konsep dan tujuan dari kegiatan Outbound murah dan hemat  dengan output dan input Refreshing dan Fun.

Komentar

    Belum Ada Komentar

Tambahkan Komentar