outbound di lembang

06
Feb
2016

outbound di lembang

outbound di lembang

Lembang terkenal sebagai kota pinggiran yang terletak dikaki gunung tangkuban perahu yang mempunyai cuaca sejuk dan dingin karenaterletak di daerah ketinggian dimana lembang menjadi tujuan wisata dan keluargadan perusahaan untuk berlibur. Lembang termasuk kedalam Kabupaten Bandung.Selain itu Lembang dan sekitarnya mempunyai tempat-tempat yang mempunyaipemandangan alam yg indah dan pempesona dan hotel, penginapan, resort yangbertebaran. Selain itu karena alamnya yang mendukung maka lembang menjadi salahsatu kota tujuan untuk keluarga, perusahaan yang mau melakukan kegiatan outbound di lembang, outing, gathering, training dan team building.

Untuk kegiatan outbound di lembang dan sekitarnya biasanya berupa kegiatan Team building, Gathering, Fun Games,meeting Energizer, dan dilakukandi hotel atau resort dengan pertimbangan efesiensi waktu dan biaya, tapi adajuga kegiatan tersebut yang di padukan dengan kegiatan offroad landrover sebagaisalah satu menu outbound di lembangyang biasanya akan dilakukan di daerah sukawana-cikole lembang karena sudahmempunyai jalur khusus untuk kegiatan ini. Dengan diawali menyusur daerahpemukiman penduduk lalu masuk ke perkebunan teh yang ada di arealsukawana-lembang kegiatan offroad begitu menarik karena peserta akan disuguhkan dengan pemandangan kebun teh yang terhampar dan gunung-gunung yangmendampingi gunung tangkuban perahu.Setelah menempuh dan melewati hamparan kebun teh kegiatan offroad landrovermasuk menelusuri ke jalur offroad di tengah hutan di kaki gunungtangkuban perahu lalu berakhir di pintu lama tangkuban perahu didaerah cikolelembang dan durasi pelaksanaan kegiatan offroad di track ini biasanya memakanwaktu normal 3-4 jam tergantung jalur dan keadaan cuaca pada saat itu, kalaucuaca kemarau waktu tempuh akan lebih cepat di bandingkan pada saat musimhujan, Tapi untuk sensasi kegiatan ini lebih baik diadakan pas musim hujan.

Kegiatan outbound di lembang sudah mulai ramai sekitar tahun 2008 dimanakegiatan ini mempunyai tujuan sebagai media pelatihan dan pembelajaran yangmempunyai kurikulum dan program. Awalnya outboundberasal dari kata outward bound nama dari organisasi pertama yang memprakasaikegiatan pelatihan dan pendidikan yang memakaipendidikan pengalaman dan alam sebagai media belajarnya. Dalampenyajiannya program kegiatan ini akan memakain unsur simulasi games, High ropeelemen, solo camp, kayak, rafting, paint ball, marathon,dll, agar prosesbelajar dan pelatihannya bisa diserap dengan efektif dan cepat karena pesertadi tuntut menggunakan fisik, hati dan fikirannya untuk terlibat aktif dalamkegiatan outbound tersebut.

Pada awalnya Outbound di lembang banyak menyajikan hal-hal tersebut diatastapi seiring mulai ramainya eo outbound di lembang bermunculan, dengan menyajikan dan menawarkanproduk outbound yang lama-kelamaan menjadi lebih variatifdalam mengemas kegiatannya karena tingginya permintaan pasar.

Karena hal itu pula outbound di lembang pun mulai dilirik oleh para pengusaha lokalyang mempunyai dana besar dimana mereka mulai membuat area untuk wahanakegiatan outbound baik untuk anak-anak maupun dewasa. Outbound di lembang pun sudah merambah ke hotel,resort yang menambahkan fasilitasseperti flying fox dan Burma bridge elemen highrope sebagai fasilitas penunjangbagi tamu-tamu yang datang begitu pula dengan area wisata yang banyak pulamengadopsi elemen-elemen kegiatan outboundsebagai fasilitas pendukung.

Outbund di lembang semakin lama semakin ramai karena sudahbanyak orang, perusahaan, instansi mengetahui kegiatan ini dan akhirnyamenjamur karena banyaknya eo outbounddi lembang yang muncul denganmenawarkan program sejenis. Sebenarnya banyak manfaat yang terkandung dalamkegiatan outbound selainsebagai media belajar untuk meningkatkan kepribadian positif juga belajarmemahami alam sekitar, belajar kepemimpinan, belajar manajemen diri Dll.

Kegiatan outboundini juga banyak mengandung unsur Fun dan adventure sehingga sangat di gemarioleh orang - orang, Tetapi itu semua banyak tidak sejalan dengan tujuan awaldari kegiatan outbound itusendiri. Dimana banyak provider menawarkan kegiatan outbound tanpa dibarengi dengan penjelasan dan maksudsebenarnya dari kegitan outbounditu sendiri. Apa itu karena banyak pelaku kegiatan ini tidak memahami denganbenar tujuan dari outboundtersebut. Sehingga banyak program di tawarkan dengan memakai kata outbound tetapi kegiatannyahanya berupa refreshing.

Saking menjamurnya kegiatan outbound di lembang banyakditawarkan oleh pelaku usaha travel, perhotelan, perjalanan wisata dll,sehingga menjadikan persaingan sengit di pemasaran kegiatan ini.

Ini semua menimbukan efek positifdan negative untuk kegiatan outbounddi lembang, positifnya kegiatan ini bisa cepat dikenal oleh masyarakatluas dengan pemahaman yang berbeda, efek negatifnya persaingan tidak sehatmuncul dimana tidak ada organisasi dan hukum yang mengatur perusahaan dankegiatan outbound ini.Imbasnya adalah pemahaman yang dangkal tentang arti dan tujuan dari kegiatanini dari klien, menjamurnya eo atau provider kegiatan outbound di lembang tanpa di barengi kemampuan, pengetahuandari outbound itu sendiri.Dimana itu semua merupakan knowledge product dalam memasarkan kegiatan ini.Tapi bagaimanapun suatu produk jasa mau tidak mau harus mengikuti perkembangandan selera pasar tinggal yang terpenting sebagai eo outbound di lembang yang melayani kegiatan ini bisamemberikan pemahaman dari kegiatan outboundsebenarnya. Mudah - mudahan kegiatan outbounddi lembang bisa benar-benar bermanfaat untuk konsumen/ kliennya danmenjadi kegiatan yang bisa memberikan pengalaman baru dan pengetahuan barutentang banyak hal untuk dijadikan sebagai pembelajaran, begitu pula denganpara penggiat outbound di lembangitu sendiri, bukan sekedar menjadikan kegiatan outbound itu hanya semata-mata untuk mencari keuntungan tapimenjadikan usaha ini sebagai proses pembelajaran yang berkelanjutan dalammemenuhi dan memberikan pelayanan prima bagi konsumen outbound di lembang.

Komentar

    Belum Ada Komentar

Tambahkan Komentar