FAQ

FAQ

img-1453313585.jpg


OUTBOUND ITU KEGIATAN APA ?

Outbound adalah sempalan nama dari nama Outward bound, organisasi yang memprakasai pelatihan dengan metode pendidikan pengalaman(Experiental learning)

Apa saja program dan kegiatan Outbound (outward bound) itu?
Program kegiatan Outbound (Outward bound) biasanya memakai adventure base program yang di lakukan di alam bebas seperti High rope elemen (flying fox, burma bridge,single line,pamper plank dll),rafting,hiking,solo camp,marathon dll dimana kegiatan itu semua memakai pendekatan metafora (pemaknaan) dan d'breaf sesuai dengan tujuan dan tema pelatihan. dengan mengalami langsung proses pembelajaran diharapkan penyerapan materi bisa lebih cepat dan efesien.
Program dibuat sedemikian rupa dengan kurikulum yang disusun terukur dan terstruktur.

Apa saja alat dan media dalam kegiatan Outbound (Outward bound)?
Alat dalam kegiatan biasanya menggunakan banyak alat yang disesuaikan dengan kebutuhan pelatihan sedangkan media kegiatan memakai simulasi Games dan alam itu sendiri.

seiring dengan berkembangnya dunia Outbound (Outward bound) tempat dan alat kegiatan pun berkembang disesuaikan dengan perkembangan zaman, bisa di lakukan di dalam ruangan dll.

Di Indonesia kegiatan Outbound  (Outward bound) sudah berkembang sedemikian rupa seperti tidak "terkendali" dimana banyak EO Outbound sendiri tidak cukup memahami bagaimana kegiatan, program, kurikulum dan sejarah dari kegiatan Outbound yang mengusung metode Experiental learning. Sehingga kurang tersampaikan tujuan sesungguhnya, banyak event organizer dan bahkan Biro Travel menjual dan menawarkan kegiatan "Outbound" itu, dengan memakai kemasan "fun games", "Team Building", "Charater Building" dll, tanpa memberikan proses penjelasan, pemaknaan dan perumusan tujuan.
Akhirnya wajar ketika konsumen salah menafsirkan tujuan dan arti sesungguhnya dari kegiatan Outbound itu sendiri yang sesungguhnya dilaksnanakan untuk tujuan pelatihan dan pendidikan.  
Mungkin ini bagian dari proses perkembangan dan lebih kepada tuntutan kebutuhan tapi sebagai pelaku kegiatan "Outbound" punya tanggung jawab moral untuk meberikan penjelasan dan pelurusan kesalahfahaman pengertian konsumen dengan memberikan penjelasan mengenai program "Outbound"  yang sesungguhnya.
Munculnya kegiatan Gathering, Fun games, Adventure event, outing dan lain sebagainya itu mungkin bagian dari perkembangan dan kebutuhan pasar tapi mari kita memaknai semua kegiatan itu sebagai proses pembelajaran untuk membangun generasi indonesia yang berahlak dan berilmu .

"Mari kita buka mata, hati dan fikiran kita untuk menerima hal-hal baru, cara - cara baru untuk menghadapi segala perubahan dan tantangan 
kehidupan".